Jenis-Jenis Kertas Foto yang Umum digunakan untuk Mencetak

Jenis Kertas Cetak Foto

Dalam mencetak sebuah foto, banyak sekali jenis dari kertas foto yang bisa digunakan untuk mencetak. dan kali ini, kita akan bagikan informasi tentang jenis kertas foto yang umum digunakan orang-orang dalam mencetak. semoga informasi ini nantinya bisa membantumu dalam menentukan pilihan yang tepat akan kertas foto yang akan digunakan

Jenis-jenis Kertas Foto yang Umum digunakan

1) Glossy Paper

Yang pertama dan yang paling sering dugunakan oleh banyak kalangan adalah kertas foto berjenis Glossy. kertas ini sangat mudah membedakannya karena terlihat sangat jelas bahwa kertas na ini mengkilap dan pemukaanya pun halus ketika terusap oleh tangan.

Kertas jenis ini cocok bila kamu ingin cetak foto dengan warna ingin tampak tajam, karena lapisan glossy-nya dapat meningkatkan saturasi warna-nya dari sebuah foto. Namun kurangnya dari kertas jenis ini itu, kertasnya mudah lengket dan rentan sesuatu yang berminyak,seperti halnya sidik jari. jika tertempel maka akan membekas difotonya.

Glossy Photo Paper


2) Luster Paper

Kertas jenis luster itu permukaanya sedikit kasar tapi halus, namun tidak sehalus kertas glossy. bila diperumpamakan lapisan permukaan kertas ini seperti kulit buah jeruk gitu. Kertas ini sangat bagus untuk sebuah foto, karena kertas ini kuat dan tebal. gambar yang tercetak pada kertas ini seperti terserap dengan baik pada permukaan kertasnya dan hasil foto nya tahan lama dan tidak mudah pudar sehingga kertas ini palng rekomended buat foto.

Kertas ini seperti gabungan dari jenis kertas glossy dan mate, apa yang menjadi karakteristik kedua kertas tsb, bisa didapatkan pula pada kertas ini. Hasil yang masih tetap tajam dengan saturasinya yang terjaga walaupun kertas ini mempunyai tekstur seperti kulit jeruk. Namun walau bagaimana pun tekstur itu membuatnya terlihat seperti matte dan juga membuatnya tahan dari bekas tempelan sidik jari tangan-tangan yang berminyak.

Bila dilihat dari dekat akan tampak sepeti ini :

Kertas foto luster

3) Matte Photo Paper

Kertas berjenis matte ini, lebih bertekstur. kamu bisa merakannya dengan merabanya, akan terasa serat kertasnya. Kertas ini mirip dengan kertas-kertas yang biasa digunakan untuk menulis, seperti HVS misalnya. tapi sedikit perbedaan, kertas ini cenderung lebih tebal dari itu. fungsinya agar lebih tahan lama.

Kertas ini cenderung mengurangi saturasi atau cenderung menyerap cahaya dari sebuah adegan dibanding memantulkannya, jadi foto dengan kertas ini warna nya sedikit lebih kusam dan jenuh, namun bisa diimbangi dengan pencahayaan, jadi pilih-pilihlah foto dengan baik sekiranya cocok untuk dicetak pada kertas ini. banyak fotographer yang lebih suka menggunakan kertas matte untuk sebuah foto hitam putih dan membuat nuansa klasik nya lebih terlihat.


Kesimpulannya bahwa tiap jenis kertas mempunyai fungsi, tujuan dan kharakteristik masing-masing, jadi kita selaku pemakainya, yang harus dilakukan adalah mencocokan dengan kebutuhan. sesuai dengan foto yang akan dicetak. fungsinya hanya 1, yaitu agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya terbaik.

Lihat juga : Beragam Ukuran Kertas untuk  Cetak Dokumen

Semoga informasi yang sedikit ini, bisa berguna menambah wawasan pengetahuan dari pembaca semua.

Terima Kasih


Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Kertas Foto yang Umum digunakan untuk Mencetak"